Masa Pra Sejarah

Dunia kita ada sejak ratusan juta tahun yang lalu. Para ahli membagi masa jutaan lalu ini menjadi beberapa periode. Setiap periode memiliki ciri yang berbeda, baik dari kondisi geografis, keadaan alam hingga iklim bumi. Begitu pula dengan makhluk hidup di permukaan bumi. Setiap periode memiliki jenis makhluk hidup yang berbeda.

Periode Triassic ( 245 – 202 juta tahun yang lalu )

Pada masa ini iklim di bumu sangat panas dan kering yang membentuk hamparan pasir batuan. Sedangkan iklim dikutub cenderung sedang dan basah.

Periode Jurrasic ( 200 –  144 juta tahun yang lalu )

Pada periode ini laut sudah dihuni jenis ikan dan reptil laut. Sementara itu berbagai jenis reptil raksasa darat sudah berkembang. Iklim pun sudah mulai menghangat.

Periode Cretaceous ( 144 – 65 juta tahun yang lalu )

Pada masa ini posisi benua sudah hampir menyerupai keadaan sekarang. Iklim lebih hangat, namun di kutub masih belum ada es secaa permanen.

Penyebab kepunahan hewan purba

Banyak teori mengenai kepunahan hewan purba. Salah satu penyebabnya adalah perubahan cuaca yang drastis di permukaan bumi. Perubahan ini diakibatkan oleh hantaman meteorit yang jatuh ke bumi. Ini terjadi sekitar 65 juta tahun yang lalu.

Masa pra sejarah adalah sebutan untuk masa dimana manusia masih belum mengenal tulisan. Pada masa ini, kehidupan manusia sangatlah sederhana. Mereka biasa hidup di gua gua untuk berlindung dari panas, hujan maupun binatang buas. Saat itu mereka masih menggunakan teknologi yang sederhana, misalnya alat alat yang digunakan sehari hari masih terbuat dari batu. Alat alat yang digunakan untuk keperluan sehari hari, misalnya saja untuk berburu. Namun lama kelamaan teknologi ini terus berkembang hingga alat alat ini terus mengalami perbaikan.

 

referensi :

ensiklopedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s