Contoh Sertifikasi Keahlian dibidang IT Nasional dan Internasional

IT programmer drawing information technologyDi kehidupan sekarang saat ini teknologi informasi ( IT ) semakin berkembang pesat. Bahkan dinegara – negara berkembang mulai berlomba – lomba dalam bidang tersebut sehingga hal tersebut menjadi sebuah pekerjaan bagi pelakunya untuk mengembangkan kemampuannya di bidang IT.

Sertifikasi keahlian dibidang IT dibutuhkan karena sebagai sebuah pengakuan atas keahlian atau spesifikasi untuk bidang spesialisasi bagi pelakunya. Sertifikasi ini juga dibutuhkan bagi perusahaan untuk mengetahui kemampuan anda dibidang tersebut.

Contoh sertifikasi :

1. Sertifikasi Nasional 

Ada dua jenis sertifikat yang diterbitkan oleh LSP Telematik
a, yaitu Certificate of Competence dan Certificate of Attainment.

a. Certificate of Competence

 Yaitu sertifikasi berdasarkan level kualifikasi dan jenjang jabatan sesuai dengan yang ditetapkan oleh Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Certificate of Competence merupakan bukti pengakuan atas kompetensi seseorang setelah melakukan uji kompetensi dari suatu bidang keahlian kerja

b. Certificate of Attainment  

yaitu sertifikasi atas unit kompetensi yang jenjang jabatannya berdasarkan kebutuhan pasar.

2. Sertifikasi Internasional

a. Sertifikasi Untuk Bahasa Pemrograman

  • Java =  Sun Certified Enterprise Architect for J2EE adalah sertifikasi premium dari Sun. Sebagaimana dicerminkan oleh namanya, sertifikasi ini sangat berfokus pada enterprise.
  • Microsoft.net = Untuk para developer ada dua jenis sertifikat yang ditawarkan oleh Microsoft sebagai pengakuan atas keahlian dalam pengetahuan dan keterampilan Microsoft .Net : Microsoft Certification Application Developer (MCAD) dan Microsoft Certified Solution Developer (MCSD).

b. Sertifikasi untuk database

  • Oracle = Oracle Certified DBA adalah sertifikasi yang menguji penguasaan teknologi dan solusi Oracle dalam menjalankan peran sebagai administrator database.

Karena semakin berkembangnya teknologi semakin banyak orang berminat mempelajarinya. Ini tidak menutup kemungkinan hanya satu atau dua software yang membutuhkan sertifikasi. Karena hampir semua software yang berhubungan dengan IT sangat dibutuhkan dimasa ini maupun yang akan datang.

Referensi :

http://nindiwahyuni.blogspot.com/2014/04/sertifikasi-keahlian-di-bidang-it.html

http://aprilianakiyutz.blogspot.com/2011/05/contoh-contoh-sertifikasi-nasional-dan.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s