Cyber Crime

Cyber-Crime1     Perkembangan dunia teknologi saat ini semakin maju yang dikarenakan kebutuhan manusia yang semakin meningkat. Dengan semakin majunya teknologi tidak hanya dan selalu ada sisi positifnya, tapi ada pula sisi negatifnya. Terutama pada bidang internet yang semakin berkembang yang digunakan mencari atau mendapatkan informasi dapat juga disalah gunakan. Salah satu hal negatif yang merupakan efek sampingannya antara lain adalah kejahatan di dunia cyber atau, cybercrime.

Jenis Cybercrime
Berdasarkan jenis aktifitas yang dilakukannya, cybercrime dapat digolongkan menjadi beberapa jenis sebagai berikut:
1. Unauthorized Access
Merupakan kejahatan yang terjadi ketika seseorang memasuki atau menyusup ke dalam suatu sistem jaringan komputer secara tidak sah, tanpa izin, atau tanpa sepengetahuan dari pemilik sistem jaringan komputer yang dimasukinya.
2. Illegal Contents
Merupakan kejahatan yang dilakukan dengan cara memasukkan data atau informasi ke internet tentang suatu hal yang tidak benar, tidak etis, dan dapat dianggap sebagai melanggar hukum atau menggangu ketertiban pada masyarakat umum.
3. Penyebaran virus secara sengaja
Penyebaran virus pada umumnya dilakukan dengan menggunakan sebuah email.
Contoh kasus di Indonesia

Pencurian dan penggunaan account Internet milik orang lain . Salah satu kesulitan dari sebuah ISP (Internet Service Provider) adalah adanya account pelanggan mereka yang “dicuri” dan digunakan secara tidak sah. Berbeda dengan pencurian yang dilakukan secara fisik, “pencurian” account cukup menangkap “userid” dan “password” saja. Hanya informasi yang dicuri. Sementara itu orang yang kecurian tidak merasakan hilangnya “benda” yang dicuri. Pencurian baru terasa efeknya jika informasi ini digunakan oleh yang tidak berhak. Akibat dari pencurian ini, penggunan dibebani biaya penggunaan acocunt tersebut.

Kesimpulan 

Dari kasus diatas kita dapat menyimpulkan bahwa semakin majunya teknologi semakin rentan terhadap keamanannya. Dalam hal ini kita harus semakin waspada terhadap kejahatan yang dapat merugikan diri kita sendiri maupun orang lain. Meningkatkan keamanan data agar pelaku kejahatan cyber tidak mudah mencuri data kita. Salah satunya menggunakan antivirus, anti spyware, dan firewall. Dan selalu up to date pada komputer kita karena pelaku kejahatan selalu mencari celah pada sistem.

Sumber :

http://pengetahuanteknologikomputer.blogspot.com/

http://keamananinternet.tripod.com/pengertian-definisi-cybercrime.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s