Tugas Bahasa Indonesia 2 ke-2

Nama Kelompok :

M. Husain KS             (14110721)

Reza Prasetyo Aji       (15110814)

Roby Kurniawan         (16110212)

1. Baca literatur tentang kalimat efektif dan kesejajaran kata dalam kalimat (literatur bebas dan harus dicantumkan dalam daftar referensi). Cari data melalui majalah dan surat kabar masing-masing sebanyak 5 kalimat. Pilih kalimat yang tidak memperhatikan unsure kesejajaran bentuk kata dalam sebuah kalimat! Ubahlah kalimat tersebut sehingga menjadi kalimat efektif dengan memperhatikan kesejajaran bentuk kata-katanya.

Kalimat Literatur :

–  Karena itulah saya menerima tugas ini dan saya telah mempertimbangkannya sebelum memutuskan. (Koran TopSkor,16 Oktober 2012)

–    Pemimpin unit telah memilih lokasi perumahan, tetapi direktur belum menyetujuinya. (majalah Kriya Indonesian Craft, No. 3, 2006)

–       Tores tak dapat memanfaatkan kesempatan tersebut karena sepekan sebelum pertandingan itu ia mengalami cedera. (Koran TopSkor,16 Oktober 2012)

–       Dimalam menjelang pertandingan ini saya memikirkan bahwa kami akan menghadapi tim terbaik dunia. (Koran TopSkor,16 Oktober 2012)

–       Liverpool akhirnya memutuskan untuk menambah kapasitas Stadion Anfield ketimbang membangun yang baru. (Koran TopSkor,16 Oktober 2012)

2. Carilah masing-masing 3 kalimat yang mengutamakan bagian kalimat yang berupa keterangan tempat dan keterangan waktu. Tuliskan sumber kutipannya.

Keterangan tempat

–          Kawasan perbelanjaan ini selain menjadi tujuan belanja warga Surabaya, juga telah menjadi pusat kulakan grosir dari para pedagang grosir di seluruh Jawa Timur. ( http://www.koran-sindo.com/node/311164 )

–          Ribuan buruh dari berbagai serikat pekerja kemarin menggeruduk Gedung Balai Kota Semarang. ( http://www.koran-sindo.com/node/312506 )

–          Demikian pula pelanggan tokonya datang dari berbagai penjuru kota Jawa Timur, bahkan hingga dari luar pulau seperti Sulawesi dan Papua. ( http://www.koran-sindo.com/node/311164 )

–          DITUNJANG dengan suasana belanja yang nyaman, harga barang yang terjangkau, serta rangkaian program promosi yang menarik, kehadiran ITC Surabaya Mega Grosir telah menjadi daya tarik belanja tersendiri untuk masyarakat Surabaya dan Jawa Timur. ( http://www.koran-sindo.com/node/311164 )

Keterangan waktu

–          Managemen ITC Surabaya juga menggandeng Bank BCA untuk melaksanakan progam Wisata Kulakan yang berlangsung Januari hingga Agutus 2013 setiap hari Senin-Kamis. ( http://www.koran-sindo.com/node/311164 ).

–          Uji materi ini ditolak oleh MK melalui putusan yang dibacakan pada 22 November 2012. (http://nasional.kompas.com/read/2013/04/29/19070747/Susno.Tantang.Jaksa.Agung.Basrief.Arief )

–          Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Susno akhirnya dibawa ke Mapolda Jabar pada Rabu (24/4/2013) sore.

(http://nasional.kompas.com/read/2013/04/29/19070747/Susno.Tantang.Jaksa.Agung.Basrief.Arief )

–          Aksi yang berlangsung sejak pukul 08.30 WIB itu dilakukan secara bergelombang oleh beberapa serikat buruh.

( http://www.koran-sindo.com/node/312506 )

3. Cari masing-masing 3 kalimat yang menunjukkan urutan peristiwa yang logis, dan 3 kalimat yang menunjukkan penegasan dengan cara mengulang kata yang dianggap penting. Tulis sumber kutipannya.

Kalimat Penegasan :

– Walau berumur satu tahun, PB Exist yang didirikan oleh Alex Tirta rupanya tak malu-malu dalam mengungkapkan ambisi besarnya. (Koran TopSkor,16 Oktober 2012)

– Untuk pengrajin, segera meningkatkan kualitas produk, mengikuti desain yang sedang digemari, pandai mencari pasar, banyak belajar, banyak mendengar. (majalah Kriya Indonesian Craft, No. 3, 2006)

– Sedangkan untuk masyarakat, biasakanlah memakai produk kerajinan Indonesia baik untuk kegiatan sehari-hari, atau acar resmi, untuk penataan rumah, atau sebagai hadiah untuk acara istimewa. . (majalah Kriya Indonesian Craft, No. 3, 2006)

            Kalimat Logis :

–       Saya sangat menghargai segala upaya dari DEKRANAS untuk selalu berusaha meningkatkan kemampuan dari usaha kerajinan rakyat di seluruh Indonesia. (majalah Kriya Indonesian Craft, No. 3, 2006)

–       Untuk penggalangan dana pendirian Museum Batik di Pekalongan yang diprakasai oleh Walikota Pekalongan Bapak H Basyir Achmad, Maka Yayasan Batik Indonesia, turut memeriahkan 30 tahun Ramliberkarya dengan menggelar peragaan busana Batik karya Ramli. (majalah Kriya Indonesian Craft, No. 3, 2006)

–       Setelah menjemput Ibu Ica, perjalanan dilanjutkan menuju kekediaman Bupati di Kabupaten Wajo. (majalah Kriya Indonesian Craft, No. 3, 2006)

4. Carilah 5 kalimat yang di dalamnya terdapat pengulangan subjek kalimat yang tidak diperlukan. Salin kalimat itu dan tuliskan sumbernya.

Pengulangan Subjek :

–          kami anggap ini semua keinginan saudara kami yang sangat menginginkan kemenangan. ( http://robbykurniawan892blogs.blogspot.com/2013/05/tugas-bos.html )

–          Kakak akan datang besok pagi setelah kakak membeli makanan. ( http://robbykurniawan892blogs.blogspot.com/2013/05/tugas-bos.html )

–          Sehubungan dengan kejadian yang lalu, kami sangat merasa bersalah atas kesalahan yang telah kami lakukan. ( http://robbykurniawan892blogs.blogspot.com/2013/05/tugas-bos.html )

–          Disaat kepala desa datang saya sangat senang karena saya sangat mengagumi kepala desa. ( http://robbykurniawan892blogs.blogspot.com/2013/05/tugas-bos.html )

–          Kami beserta kru dan panitia merasa puas atas kerja kami sendiri di acara pementasan kemarin. ( http://robbykurniawan892blogs.blogspot.com/2013/05/tugas-bos.html )

 5. Cari kalimat-kalimat dengan variasi pembukaan:

a.    Frase keterangan tempat

Makasar adalah tanah kelahiran saya, dan disinilah banyak lahir perajin sutera. (majalah Kriya Indonesian Craft, No. 3, 2006)

b.    Frase keterangan waktu

Pada bulan tertentu dari April s/ d Agustus, ikan terbang akan menghasilkan banyak telur. (majalah Kriya Indonesian Craft, No. 3, 2006)

c.     Frase keterangan cara

Cara menempelkan hiasan jilbab itupun amat sederhana, hanya dengan menggunakan beberapa jarum pentul. (majalah Kriya Indonesian Craft, No. 3, 2006)

d.    Frase verbum

Dengan peningkatan upaya tersebut akan meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat yang luas sekaligus menjaga budaya bangsa. (majalah Kriya Indonesian Craft, No. 3, 2006)

e.     Partikel penghubung

Di hadapan mereka, berbagai motif kain tenun khas Indonesia tampak wah dan elegan didesain oleh perancang busana berbakat. (majalah Kriya Indonesian Craft, No. 3, 2006)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s