Dokter Bio Penyembuh Alam yang Rusak

Manusia kadang-kadang merusak alam. Misalnya, saat manusia ceroboh menggunakan zat beracun. Apa yang harus dilakukan jika alam tercemar zat beracun? Tenang…ada dokter bio yang cantik dan hebat!Siapakah dokter Bio itu?

Bunga Matahari

Anda tau apa itu zat radioaktif? Pengertian atau arti definisi pencemaran zat radioaktif adalah suatu pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh debu radioaktif akibat terjadinya ledakan reaktor-reaktor atom serta bom atom. Zat ini dapat menyebabkan kanker dan membunuh manusia. Asal punya usul ternyata bunga matahari dapat menyerap racun radioaktif yang ada di tanah hanya dalam waktu 10 hari. Akar, batang, daun, dan bunga matahari jadi berisi racun. Namun, anehnya, bunga matahari tidak mengalami sakit meskipun kena zat beracun. Bunga matahari lalu dipanen dan di buang ke tempat khusus.

Algae (Alga)

Manusia kadang mengebor minyak bumi di tengah lautan. Minyak bumi itu kadang tumpah di lautan. Hmm, kapal pengangkut minyak juga sering tabrakan di laut. Aduh, minyak pun mencemari laut. Kalo begini ikan dan makhkuk hidup laut lainnya bisa mati.

Nah alga punya kelebihan. Yaitu alga ini akan memakan minyak yang tumpah dan dapat mengubahnya menjadi oksigen. Bentuk alga bermacam-macam, ada yang berukuran kecil seperti bakteri. Ada juga yang besar, yaitu rumput laut. Alga bukan bakteri, karena ia dapat melakukan fotosintesa. Fotosintesa adalah proses kimia yang menghasilkan oksigen dan makanan. Namun alga ini juga bukan tumbuhan karena ia tidak punya akar dan daun.

Catatan :

Bunga Matahari dan Alga adalah makhluk hidup. Makhluk hidup sering disebut sebagai Bio. Oleh karena itu, cara mengobati alam dengan makhluk hidup disebut Bioremedasi.

Narasumber :

Dr.Ir. Tatik Chikmawati, Msi

Departement FMPA, IPB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s