Misteri Zaman Es

Zaman Es Kecil

Saat ini kita masih hidup di zaman es. Tepatnya, kita hidup di zaman es kecil. Suhu udara bumi saat ini lebih sejuk dibandingkan suhu udara zaman dinosaurus.

Sayangnya, suhu udara bumi mulai berubah hangat. Suhu udara bumi telah naik 0, 74 derajat celcius dalam waktu 100 tahun. Gara-gara global warming, suhu di kutub utara banyak yang meleleh.

Munculnya Zaman Es

Saat ini perubahan suhu bumi masih teka-teki. Sebagian ilmuan menduga bumi akan mengalami zaman es lagi. Global warming menyebabkan es di kutub utara mencair. Rasa air ini tawar. Air tawar ini lalu masuk ke laut kutub utara. Laut kutub utara jadi kurang asin.

Selama ini laut kutub utara lebih asin daripada laut khatulistiwa. Perbedaan asin ini penting. Agar air hangat (contoh: arus kurasiyo dan owasio) dari khatulistiwa dapat mengalir ke kutub utara. Jika tidak ada perbedaan asin lagi, maka air hangat berhenti mengalir ke kutub utara.

Kutub utara bisa berubah lebih dingin lagi dan udara pun jadi lebih dingin. Akibatnya, salju turun lebih tebal dan musim dingin menjadi lebih lama. Bahkan, tidak ada musim panas. Permukaan es di kutub utara pun meluas. Bias sampai Skotlandia, Inggris, Jerman, dan Amerika Utara.

Kapan Zaman Es akan Terjadi lagi?

Secara alami, siklus zaman es butuh ribuan tahun. Namun, jika global warming tidak dicegah, zaman es bisa datang lebih cepat. Mungkinb ratusan tahun mendatang. Sebelum zaman es datang, bumi bisa mengalami badai selama 40 tahun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s